Islam Agama ku

Blog mengenai Islam dan juga yang terkandung didalamnya

Jadwal Puasa Sunnah Tengah Bulan / Ayyamul Bidh -

Jadwal Puasa Tengah Bulan - Puasa adalah menahan makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari di ufuk barat. Ada dua jenis puasa yaitu yang wajib [harus] dan sunnah untuk dikerjakan. Puasa wajib meliputi puasa pada bulan Ramadhan, puasa membayar hutang saat berhalangan puasa di bulan Ramadhan karena uzur [sebab yang diperbolehkan] dan puasa sunnah adalah puasa yang boleh tidak dikerjakan dan apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala dari Allah. Namun apabila kita mengaku sebagai umat Nabi Muhammad selayaknya dengan penuh semangat untuk melaksanakan puasa sunnah ini dan tentunya berpuasa karena Allah hlo ya..

Salah satu puasa sunah adalah puasa tengah bulan atau Ayyamul Bidh yang mana jatuh pada tanggal 13,14, dan 15 pada kalender hijriyah setiap bulanya.

Dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasihat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: [1] berpuasa tiga hari setiap bulannya, [2] mengerjakan shalat Dhuha, [3] mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari No. 1178). 

Nah, kapan itu harinya ? Mari lihat di jadwal puasa sunnah tengah bulan berikut.

kalendar-puasa-sunah-kr-cahelek.jpg
image: winterwithsunshine.wordpress.com



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Puasa dengan judul Jadwal Puasa Sunnah Tengah Bulan / Ayyamul Bidh. Jika Anda menyukainya, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Islam Agama ku
Ditulis oleh: rudiharto - Tuesday 30 September 2014

1 Komentar untuk "Jadwal Puasa Sunnah Tengah Bulan / Ayyamul Bidh"

  1. salam hangat dari kami ijin menyimak gan, dari kami pengrajin jaket kulit

    ReplyDelete